Sunday 16 August 2020

Fakta Cokelat Bikin Kaget Nomor Empat Wakwaw Banget

Cokelat Bar | from SOLO with CHOCOLATE

 SIAPA sih yang tidak menyukai cokelat? Baik sebagai kudapan ringan atau olahan berbagai sajian makanan dan minuman. Rasanya cukup sulit menemukan pribadi yang benci dengan cokelat bukan?


Well, cokelat sendiri memang kerap dijadikan comfort food oleh banyak orang. Mungkin Anda pun termasuk di dalamnya. Namun seberapa tahukah kita soal cokelat ini? Tahukah Anda bahwa cokelat juga menyimpan berbagai fakta menarik? Penasaran kan? Biar tidak penasaran, berikut ulasan fakta-fakta menarik perihal cokelat:


1. Cokelat adalah sayuran

Cokelat adalah produk yang dihasilkan oleh biji kakao yang tumbuh di tanaman tropis pohon kakao. Pohon kakao ini disebutkan masih termasuk di dalam keluarga Malvaceae, yang mana anggota keluarganya salah satunya adalah okra dan kapas. Sehingga disebutkan bisa dibilang secara tidak langsung cokelat adalah sayuran.


2. Cokelat putih ternyata bukan cokelat

Salah satu komponen utama dari setiap cokelat adalah kakao atau cocoa. Nah white chocolate sendiri dibuat dengan menggunakan krim atau produk olahan susu lainnya dan gula, serta mengandung kurang dari 10 persen chocolate liqueur.


3. Cokelat bukan untuk dikonsumsi oleh binatang peliharaan

Cokelat dan produk kokoa dikatakan bisa membahayakan bagi hewan peliharaan, karena mengandung komponen racun bernama theobromine, yang mana komponen ini membutuhkan waktu lama untuk dicerna sistem metabolisme pada hewan yang akhirnya bisa membuat toksisitas, berbeda dengan manusia yang jauh lebih gampang mencernanya di dalam sistem metabolisme.


4. Biji kakao sebagai mata uang

Tahukah bahwa pada suatu masa, biji kakao sangat disukai oleh suku Aztecs sehingga dianggap sebagai sesuatu yang sangat bernilai sampai-sampai akhirnya digunakan sebagai mata uang di masa peradaban.


5. Pohon kakao hidup ratusan tahun

Pohon kakao, yang mana termasuk dalam kategori tropical dikatakan bisa tumbuh hingga 200 tahun lamanya loh! Namun menariknya, dengan usia hidup yang sangat lama ini pohon kakao memproduksi biji kakao hanya selama 25 tahun di masa tumbuhnya.


6. Cokelat batang pertama

Cokelat batang yang sekarang bisa dinikmati dengan mudah dan di mana-mana ini, ternyata baru hadir dibuat pada 1842, oleh sebuah perusahaan cokelat terkenal. Demikian seperti dilansir Ndtv, Kamis(26/4/2018).


APAKAH Anda termasuk orang yang percaya stres bisa hilang dengan mengonsumsi cokelat? Mungkin selama ini Anda berpikir bahwa itu adalah sugesti semata.Tapi, tahukah Anda bahwa hal tersebut ternyata fakta! Belum lama ini penelitian mengenai kaitan antara stres dan konsumsi cokelat membuahkan hasil positif.Dua studi dari Loma Linda University di California telah menunjukkan kebenaran bahwa makan cokelat dapat memiliki efek positif pada tingkat stres, serta mempromosikan perubahan bermanfaat pada peradangan, suasana hati, memori, dan kekebalan.


Tetapi ketika bicara ke peningkatan mood, tidak semua cokelat dibuat sama. Anda harus mengonsumsi cokelat hitam dengan lebih dari 70 persen kakao. Tentunya, cokelat jenis ini adalah jenis cokelat yang berkualitas baik.Banyak yang sudah tahu bahwa kakao penuh dengan flavonoid yang merupakan bagian dari sumber antioksidan. Tapi ini adalah studi pertama yang melihat dampak flavonoid cokelat pada otak manusia.”Selama bertahun-tahun, kami telah melihat pengaruh dark chocolate pada fungsi-fungsi neurologis dari sudut pandang kandungan gula. Penelitian kami menunjukkan bahwa semakin banyak gula, semakin bahagia lah kita,” kata pemimpin peneliti Lee S. Berk, seperti dilansir dari Metro, Selasa (1/5/2018).


Ini adalah pertama kalinya peneliti melihat dampak dari sejumlah besar kakao dalam dosis sekecil cokelat batangan berukuran biasa pada manusia dalam jangka pendek atau jangka waktu yang lama. Tidak hanya penelitian yang membuktikan hal ini, tetapi temuan yang sudah ada sebelumnya pun memperkuat fakta ini.Studi ini menunjukkan bahwa semakin tinggi konsentrasi kakao, semakin positif dampaknya pada kognisi, memori, suasana hati, kekebalan, dan efek menguntungkan lainnya.